Rakor TMMD Ke 100 Tahun 2017 di Wiliyah Kodam Jaya.
Tanggal : 14-09-2017 s.d 14-09-2017
Tempat : Aula Babinsa Makodim 0509/Kab.Bekasi Jam : 09.00 s/d Selesai
Harian Gedung Sate Bulan Desember 2016 N0.12/TAHUN XVII
Diposting : Senin, 09 Januari 2017 - 15:45:21 WIB
Oleh : Administrator
Dibaca: 709 kali
Kategori: Artikel

Harian Gedung Sate-(Desember 2016), Desa Majasari Kec.Sliyeg Kab.Indramayu terpilih sebagai lokasi diadakannya GNL ke-5 yang tidak hanya sebagai desa percontahan untuk Desa Emas tetapi juga terpilih sebagai Desa terbaik Nasional 2016 yang tentu memiliki kriteria dan potensi yang luar biasa dalam upaya pengembangan desa dan perubahan kemajuan desa.

Potensi Desa Majasari yang dapat dilihat dari pemberdayaan para mantan TKI dan TKW yang diberdayakan dengan pelatihan pemberdayaan TKI agar mereka tak perlu ke luar negeri lagi tapi dapat berinovasi berbisnis dengan teknologi.

Selain sisi ekonomi dan SDM , Desa Majasarfi juga peduli lingkungan di bidang kebersihan seperti melakukan gerakan bersih desa yang dikelola Aliansi Pemuda Insan Kebersihan (APIK). Untuk meningkatkan keimananan dan ketakwaan masyarakat Pemerintah Desa Majasari memnggalakan program Magrib Mengaji. Di bidang Lingkungan pun Pemerintah Desa Majasafri mewajibkan setiap pasangan yang baru menikah untuk menanam minimal satu pphon di halaman rumahnya. Desa Majasari pun mengadakan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk.

Tak lupa juga pada ternak di Desa Majasari diadakannya gerakan Indigofera yang di canakangkan di GNL Ke-untuk langkah mendorong berbagai potensi ekonomi. Desa Majasari juga sebagai kawasan pengembangan perternakan sapi potong melalui penggunakan pakan ternak indigofera. Gubernur Jabar mengatakan " kita menawarkan suatu bentuk pemberdayaan ekonomi yaitu lewat perternakan (Desa Majasari) dengan menawarkan hijauan kualitasnya tinggi dan hasilnya banyak".

Penanaman Indigofera juga berfungsi sebagai upaya konservasi kawasan hijau bahkan berguna untuk menahan erosi dan banjir. Bibit tanaman indigofera akan mulai disebarkan diratusan daerah lain seperti Garut dll dan sentra perternakan lainnya sepanjang 2016 ini.

Berita Terkait
TWITTER
FACEBOOK
LOKASI


Dpm-Desa Prov. Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No. 466 Kota Bandung 40266
Phone: 022.751 3586 Fax: 022.750 3664
Email : dpmdesa@jabarprov.go.id
Email : dpmdesaprovjabar@gmail.com
Copyright © 2017 - DPM-DESA JABAR. All rights reserved
Powered by : Team IT DPM-DESA JABAR