Rapat Evaluasi Kearsipan
Tanggal : 19-10-2017 s.d 19-10-2017
Tempat : Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jam : 08.00
DPM-Desa Prov.Jabar Menggelarkan Kegiatan Jambore Desa "JADE" 2017
Diposting : Jumat, 15 Desember 2017 - 10:04:11 WIB
Oleh : Administrator
Dibaca: 302 kali
Kategori: Berita BPMPD
CIKARANG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat Menggelar kegiatan Jambore Desa “JADE” 2017 di Lapangan Jababeka, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Senin (11/12/2017).
Pada acara yang bertajuk “Bersatu membangun Desa-Kelurahan Bersinergi Membangun dari Pinggiran” tersebut, sebanyak 5.312 Kepala Desa dan Lurah se-Jawa Barat berkumpul untul berdialog membahas berbagai hal terkait pembangun desa.
Dalam sambutan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan, “ Kegiatan ini bisa dibilang pertama kali digelar di Jawa Barat , bahkan di Indonesia sekalipun.”
Aher mencontohkan kehidupan desa di sejumlah negara seperti Sudan, Maroko, Swedia bias terbilang sukses. Itu bisa terwujud lantaran adanya optimalisasi sektor sektor potensial.
Maka dari itu, Jawa Barat yang jelas-jelas memiliki kekhasan geografis maupun demografis, tentunya mempunyai banyak potensi, maka menjadi kewajiban setiap tingkatan pemerintahan untuk memanfaatkan dan mengembangkannya.
Pada pembukaan JADE 2017 yang dibuka oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar didampingi Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menyebutkan Jambore Desa Jawa Barat yang pertama sekaligus terbesar di Indonesia.
Pembukaan JADE dengan dimulai Defile dengan menampilkan inovasi kearifan dari tiap daerah masing-masing baik Kabupaten/Kota. Deddy Mizwar pun mengikuti Defile dalam menaiki sisingaan dari Kabupaten Subang.
Demiz menilai, kehadiran ribuan kades dan lurah menjadi suatu kebanggaan baginya. Apalagi topik bahasan kegiatannya terkait dengan pembangunan desa. Deddy juga menambahkan, desa dan kelurahan harus diperkuat sebagai akselator kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
Pada sesi dialog dalam JADE 2017 Provinsi Jawa Barat mendapat apresiasi Binapemdes terhadap Pemprov Jabar. Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintaha Desa, Kemendagri RI, Aferi S FudaiL, mengatakan bahwa pihaknya dari Pemerintah Pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah provinsi Jawa Barat yang mengalokasikan bantuan Provinsi Kepada desa dengan nominal hingga Rp.100 juta per-desa.
“Jabar merupakan Provinsi yang paling besar memberikan bantuan langsung ke Pemerintah Desa. Dari 33 provinsi di Indonesia, Jawa Barat-lah yang melaksanakannya.” Ungkap Aferi. Maka ia menunjuk Jawa Barat sebagai contoh. Diharapkan setiap pemerintah provinsi punya kepedulian terhadap desa/kelurahan seperti Jawa Barat.



Author : Tim Humas Dpm-Desa 
Berita Terkait
TWITTER
FACEBOOK
LOKASI


Dpm-Desa Prov. Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No. 466 Kota Bandung 40266
Phone: 022.751 3586 Fax: 022.750 3664
Email : dpmdesa@jabarprov.go.id
Email : dpmdesaprovjabar@gmail.com
Copyright © 2018 - DPM-DESA JABAR. All rights reserved
Powered by : Team IT DPM-DESA JABAR