Rapat Evaluasi Kearsipan
Tanggal : 19-10-2017 s.d 19-10-2017
Tempat : Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jam : 08.00
Pembukaan FGD Labsite Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI
Diposting : Jumat, 13 April 2018 - 13:34:49 WIB
Oleh : Administrator
Dibaca: 265 kali
Kategori: Berita BPMPD
Balai Desa Majasari (12/04/2018), FGD dibuka oleh Direktur Penataan Administrasi Pemdes mewakili Dirjen Bina Pemerintahan Desa, dihadiri: 1) Asda I mewakili Bupati Indramayu; 2) Kepala Dpmd, 3) Kepala Disdukcapil; 4) Kasubdit dan Kasi dilingkungan Ditjen Bina Pemdes; 5) Unsur PD Pemda Kab. Indramayu; 6) Camat dan Forum Pimpinan Kec; 7) Kuwu di Kec Sliyeg; dan 8) Kuwu Majasari dan kelembagaan Desa Majasari.
 
Sambutan Asda I selain ucapan selamat datang juga menyampaikan permohonan maaf ketidakhadiran Bupati dan Sekda dikarenakan tugas lain.
 
Sambutan Sekdis Dpm-Desa Prov. Jabar menyampaikan ketidakhadiran Kepala Dpm-Desa dikarenakan sedang acara Musrenbangprov 2019 yg mewajibkan kehadiran Kadis dan Sekdis pada Musrenbangprov. Selanjutnya disampaikan informasi terkait pelaksanaan Labsite Pemerintahan Desa dan Model DLS to DE di Jabar, yaitu:

  1. Ungkapan terima kasih telah menetapkan Desa Majasari salah satu lokasi, subjek dan objek implementasi Labsite Pemereintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.
  2. Labsite Pemerintahan Desa sesuai amanat Permendagri 81/2015 merupakan upaya pembinaan pasca Lomdeskel-Epdeskel, sehingga Desa-desa berprestasi tetap terbina dan semakin maju.
  3. Pemprov. Jabar dengan Model Desa Laboratorium Sinergitas sejak tahun April 2015, adalah upaya untuk melakukan pembinaan terhadap Desa-desa di Jabar menggunakan filosofi tri tangtu warisan nenek moyang pajajaran, yaitu pelibatan 3 unsur (pemerintah, non pemerintah, dan masyarakat) yg bersinergi membina pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
  4. Output Model DLS adalah terealisasinya pola dasar pembangunan desa dan perdesaan di Jabar, dan outcome-nya adalah Desa Emas Jabar yaitu sebuah kondisi Desa yg Pemerintah Desa nya mampu mendayagunakan potensi Desa untuk kemandirian Desa dan kesejahteraan masyarakat Desa.
  5. Model DLS to DE dengan filosofi tri tangtu menjadi konsep segitiga model pendampingan Desa di jaman milenial atau jaman "now". Dibalik kesederhanaan pola pikir model ini, tersimpan kerumitan pola tindak untuk implementasinya.
  6. Kerumitan pola tindak Model DLS ini terasa disaat kami memulainya dalam pelaksanaan GNL, selain ego sektoral yg masih membayangi pola pikir juga keinginan untuk tidak tahu bahkan tidak terlibat dalam implementasinya dirasakan sebagai salah satu kerumitan ini.
Arahan Direktur Penataan Administrasi Pemdes
  1. Apresiasi terobosan Forum Perencanaan Desa, diharapkan dapat dibuat dokumen kebijakannya sehingga dapat dicopy Kemendagri agar bisa diterapkan ke Pemda Provinsi lainnya.
  2. Sinergi mutlak dilakukan di setiap tingkatan pemerintahan, mulai dari Pusat, Pemda Provinsi, Pemda Kab/Kota sampai dengan Pem. Desa di wilayah kerja pemerintahannya.
  3. Labsite Pemdesa Kemdagri ke depan bukan hanya lab untuk implementasi tupoksi, tetapi harus menjadi acuan untuk sinergi.
Setelah pembukaan, acara dilanjutkan FGD dengan diawali paparan para narsum terkait aturan penyelenggaraan pemerintahan Desa, sbb: 1) peningkatan kapasitas pemdes; 2) penyusunan kewenangan Desa; 3) perencanaa pembangunan desa; 4) kapasitas BPD; 5) pengelolaan keuangan desa. Setelah pelaksanaan paparan dilanjutkan workshop penyusunan Perbup Kewenangan Desa.

Kegiatan Labsite Pemdesa dilaksanakan 3 hari mulai dr tgl 11-13 April 2018. Sesuai jadwal Labsite, kegiatan hari pertama diisi pemberian e-KTP kerjasama Ditjen Bina Pemdes dgn Ditjen Dikdukcapil.
Berita Terkait
TWITTER
FACEBOOK
LOKASI


Dpm-Desa Prov. Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No. 466 Kota Bandung 40266
Phone: 022.751 3586 Fax: 022.750 3664
Email : dpmdesa@jabarprov.go.id
Email : dpmdesaprovjabar@gmail.com
Copyright © 2018 - DPM-DESA JABAR. All rights reserved
Powered by : Team IT DPM-DESA JABAR