Rapat Evaluasi Kearsipan
Tanggal : 19-10-2017 s.d 19-10-2017
Tempat : Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jam : 08.00
SEKRETARIS
Diposting tanggal: 23 Februari 2016

Sekretariat

Pasal 4

(1) Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan koordinasi perencanaan dan program Badan, pengkajian perencanaan dan program, pengelolaan keuangan, kepegawaian,  dan umum.

(2)   Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :

a. penyelenggaraan koordinasi, perencanaan dan program Badan;

b. penyelenggaraan pengkajian perencanaan dan program Sekretariat;

c. pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum.

(3)   Rincian Tugas  Sekretariat :

a. menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program Sekretariat;

b. menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan program  Badan;

c. menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan;

d. menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;

e. menyelenggarakan pengendalian administrasi belanja;

f.  menyelenggarakan pengelolaan administrasi kepegawaian;

g. menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;

h. menyelenggarakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;

i.  menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat;

j.  menyelenggarakan pembinaan Jabatan Fungsional;

k. menyelenggarakan pengkajian bahan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ, dan LPPD Badan;

l.  menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;

m. menyelenggarakan  koordinasi  dengan  unit  kerja terkait;

n.  menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(4)   Sekretariat membawahkan:

a. Subbagian Perencanaan dan Program;

b. Subbagian Keuangan;

c. Subbagian Kepegawaian dan Umum

Pasal 5

(1)  Subbagian Perencanaan dan Program mempunyai tugas pokok  melaksanakan koordinasi  perencanaan dan penyusunan program.

(2)  Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian Perencanaan dan Program mempunyai fungsi :

a. pelaksanaan penyusunan bahan perencanaan dan program Sekretariat;

b. pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan koordinasi perencanaan dan program badan yang meliputi pemerintahan desa/kelurahan, penguatan kelembagaan dan partisipasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, sumberdaya alam dan teknologi tepat guna;

c. pelaksanaan penyusunan bahan hasil koordinasi perencanaan dan program yang meliputi pemerintahan desa/kelurahan, penguatan kelembagaan dan partisipasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat,  sumberdaya alam dan teknologi tepat guna;

d. pelaksanaan koordinasi  perencanaan dan program  UPTB.

(3)   Rincian Tugas Subbagian Perencanaan dan Program :

a. melaksanakan penyusunan perencanaan dan program kerja Subbagian Perencanaan dan Program;

b. melaksanakan penyusunan perencanaan dan program Sekretariat;

c. melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan dan program Badan yang meliputi pemerintahan desa/kelurahan, penguatan kelembagaan dan partisipasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, sumberdaya alam dan teknologi tepat guna;

d. melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Program;

e. melaksanakan penyusunan bahan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ, dan LPPD Badan;

f. melaksanakan pengelolaan sistem informasi pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa;

g. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

h. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

i.  melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

                              Pasal 6

(1)  Subbagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan Badan.

(2)  Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat(1), Subbagian Keuangan mempunyai fungsi :

a. pelaksanaan penyusunan bahan rencana anggaran belanja langsung dan tidak langsung Badan;

b. pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan teknis administrasi keuangan Badan;

c. pelaksanaan koordinasi pengelolaan keuangan pada UPTB.

(3)   Rincian Tugas Subbagian Keuangan :

a. melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Keuangan;

b. melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan anggaran   Badan;

c. melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan Badan;

d. melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan Daerah serta pembayaran lainnya;

e. melaksanakan perbendaharaan keuangan;

f. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan;

g. melaksanakan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung Badan dan UPTB;

h. melaksanakan verifikasi keuangan;

i. melaksanakan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan;

j. melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan administrasi keuangan;

k. melaksanakan administrasi perjalanan dinas  pegawai;

l. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

m. melaksanakan kordinasi dengan unit kerja terkait;

n. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Pasal 7

(1) Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan,  umum dan perlengkapan.

(2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai fungsi :

a. pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan mutasi, pengembangan karir, kesejahteraan dan disiplin pegawai, dan pengelolaan administrasi kepegawaian lainnya;

b. pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan dan rumah tangga;

c. pelaksanaan administrasi, dokumentasi peraturan perundang-undangan, kearsipan dan perpustakaan;

d. pelaksanaan tugas kehumasan Badan;

e. pengelolaan perlengkapan Badan.

(3)   Rincian Tugas Subbagian Kepegawaian dan Umum :

a. melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Kepegawaian dan Umum;

b. melaksanakan penyusunan, pengolahan data kepegawaian;

c. melaksanakan pengusulan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Badan; 

d. melaksanakan penyiapan dan pengusulan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja dan pemberian penghargaan serta tugas/ijin belajar, pendidikan/pelatihan kepemimpinan teknis dan fungsional;

e. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan disiplin pegawai;

f. melaksanakan penyiapan bahan pengembangan karir dan mutasi serta pemberhentian pegawai;

g. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan kepada unit kerja di lingkungan Badan;

h. melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;

i. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat surat/naskah dinas dan arsip serta pengelolaan perpustakaan;

j. melaksanakan penggandaan naskah dinas;

k. melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat;

l. melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat dan pendokumentasian;

m. melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan aset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan  kantor;

n. melaksanakan pelaporan dan  evaluasi kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum;

o. melaksanakan pengelolaan kepegawaian pada UPTB;

p. melaksanakan pembinaan Jabatan Fungsional Badan dan UPTB;

q. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

r. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

s. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 


TWITTER
FACEBOOK
LOKASI


Dpm-Desa Prov. Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No. 466 Kota Bandung 40266
Phone: 022.751 3586 Fax: 022.750 3664
Email : dpmdesa@jabarprov.go.id
Email : dpmdesaprovjabar@gmail.com
Copyright © 2017 - DPM-DESA JABAR. All rights reserved
Powered by : Team IT DPM-DESA JABAR