Rapat Evaluasi Kearsipan
Tanggal : 19-10-2017 s.d 19-10-2017
Tempat : Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jam : 08.00
BIDANG PEMDES
Diposting tanggal: 07 Maret 2016

Bidang Bina Desa Pemdes 

Pasal 8 

      (1)  Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengkajia bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan.

      (2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai fungsi :

a. penyelenggaraan pengkajian bahan kebijakan teknis pemerintahan desa/kelurahan;

b. penyelenggaraan pengkajian bahan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan;

c. penyelenggaraan fasilitasi administrasi dan pemerintahan desa/kelurahan.

      (3) Rincian Tugas Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan :

a. menyelenggarakan pengkajian program kerja Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan;

b. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi penyusunan pedoman dan supervisi pemerintahan desa/kelurahan;

c. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

d. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi pengembangan desa;

e. menyelenggarakan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan;

f.  menyelenggarakan pengkajian bahan koordinasi pemerintahan desa/kelurahan;

g. menyelenggarakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan;

h. menyelenggarakan koordinasi dengan Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah dalam Pelaksanaan kegiatan di Kabupaten/Kota;

i.  menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

j.  menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

k. menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

      (4) Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan membawahkan:

                a.  Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;                   

                b.  Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa.

Pasal 9

     (1)  Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan.

     (2)  Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai fungsi :

a. pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

b. pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kegiatan perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan.

 (3) Rincian Tugas Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan : 

melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;

a. melaksanakan penyusunan  bahan kebijakan teknis  perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

b. melaksanakan pengelolaan data dan informasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

c. melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

d. melaksanakan fasilitasi peningkatan kinerja aparat pemerintah desa/kelurahan;

e. melaksanakan pembinaan mekanisme pemilihan kepala desa;

 f. melaksanakan pembinaan tata cara administrasi pemerintahan desa/kelurahan;

g. melaksanakan pembinaan peningkatan kinerja aparat pemerintah Desa/Kelurahan;

h. melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;

 i. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

 j. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

k. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Pasal 10

     (1) Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pengembangan desa.

     (2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa mempunyai fungsi :

a. pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pengembangan desa;

b. pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kegiatan fasilitasi pengembangan desa.

      (3) Rincian Tugas Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa: 

a. melaksanakan penyusunan  program kerja Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa;

b. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

c. melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

d. melaksanakan pengelolaan data dan informasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

e. melaksanakan fasilitasi penyusunan dan penerapan pola tata desa;

f.  melaksanakan fasilitasi penyusunan perencanaan pembangunan desa dan kelurahan;

g. melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

h. melaksanakan pembinaan pengelolaan data dan informasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

i. melaksanakan pembinaan penerapan pola tata desa;

j. melaksanakan pembinaan manajemen pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;

k. melaksanakan pembinaan mekanisme penyusunan perencanaan partisipatif pembangunan desa dan kelurahan;

l. melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa;

m. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

n. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

o. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

 

TWITTER
FACEBOOK
LOKASI


Dpm-Desa Prov. Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No. 466 Kota Bandung 40266
Phone: 022.751 3586 Fax: 022.750 3664
Email : dpmdesa@jabarprov.go.id
Email : dpmdesaprovjabar@gmail.com
Copyright © 2017 - DPM-DESA JABAR. All rights reserved
Powered by : Team IT DPM-DESA JABAR