Bidang KPEM

Bidang Bina Desa Pemdes

Pasal 8

      (1)  Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengkajia bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan.

      (2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai fungsi :

  1. penyelenggaraan pengkajian bahan kebijakan teknispemerintahan desa/kelurahan;
  2. penyelenggaraan pengkajian bahan fasilitasipemerintahan desa/kelurahan;
  3. penyelenggaraan fasilitasi administrasi dan pemerintahan desa/kelurahan.

      (3) Rincian Tugas Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan :

  1. menyelenggarakan pengkajian program kerja Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan;
  2. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi penyusunan pedoman dan supervisi pemerintahan desa/kelurahan;
  3. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  4. menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi pengembangan desa;
  5. menyelenggarakan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan;
  6. menyelenggarakan pengkajian bahan koordinasi pemerintahan desa/kelurahan;
  7. menyelenggarakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan;
  8. menyelenggarakan koordinasi dengan Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah dalam Pelaksanaan kegiatan di Kabupaten/Kota;
  9. menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  10. menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  11. menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

      (4) Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan membawahkan:

  1. Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;
  2. Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa.

Pasal 9

     (1)  Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan.

     (2)  Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasiperangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  2. pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kegiatanperangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan.

 (3) Rincian Tugas Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan :

melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;

  1. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis  perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  2. melaksanakan pengelolaan datadan informasi perangkat dan administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  3. melaksanakan penyusunanbahan fasilitasi administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  4. melaksanakanfasilitasi peningkatan kinerja aparat pemerintah desa/kelurahan;
  5. melaksanakan pembinaan mekanismepemilihan kepala desa;
  6. melaksanakan pembinaan tata cara administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  7. melaksanakan pembinaan peningkatankinerja aparat pemerintah Desa/Kelurahan;
  8. melaksanakanpelaporan dan evaluasi kegiatan Subbidang Perangkat dan Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan;
  9. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  10. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  11. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Pasal 10

     (1) Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pengembangan desa.

     (2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasipengembangan desa;
  2. pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kegiatan fasilitasipengembangan desa.

      (3) Rincian Tugas Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa:

  1. melaksanakan penyusunan program kerja Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa;
  2. melaksanakan penyusunanbahan kebijakan teknis pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  3. melaksanakan penyusunanbahan fasilitasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  4. melaksanakanpengelolaan data dan informasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  5. melaksanakanfasilitasi penyusunan dan penerapan pola tata desa;
  6. melaksanakan fasilitasi penyusunan perencanaan pembangunan desa dan kelurahan;
  7. melaksanakan penyusunanbahan fasilitasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  8. melaksanakanpembinaan pengelolaan data dan informasi pengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  9. melaksanakan pembinaan penerapanpola tata desa;
  10. melaksanakan pembinaan manajemenpengembangan desa dan kelurahan dan model kemitraan;
  11. melaksanakan pembinaan mekanisme penyusunan perencanaan partisipatif pembangunandesa dan kelurahan;
  12. melaksanakan pelaporan danevaluasi kegiatan Subbidang Fasilitasi Pengembangan Desa;
  13. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  14. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  15. melaksanakan pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.